Wednesday, May 2, 2012

Alergi Menurut Kesehatan

Alergi Menurut Kesehatan - Ketika kita sedang menyapu atau membersihkan sesuatu yang berdebu seringkali kita bersin-bersin, Apakah hal tersebut termasuk alergi ? Hmmm...untuk mengetahui jawabannya alagkah lebih kalo kita tahu dulu Apa sih yang dimaksud dengan alergi itu ? Pengertian Alergi adalah suatu reaksi tubuh manusia yang tidak wajar atau berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan tertentu yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya atau Alergi adalah kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik) atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik.


Alergi sering juga disebut hipersensitivitas dan bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut dinamakan alergen. Ada beberapa musim dimana tubuh manusia menjadi begitu sensitif dan mengidap alergi, hingga harus berkali-kali bersin karena debu, suhu dingin atau cuaca yang tak bersahabat. Jadi sebenarnya penyebab alergi itu bisa bermacam-macam. Lalu apakah alergi iti sesuatu yang merugikan ? Apakah ada manfaat dari Alergi Menurut Kesehatan ?

Alergi Menurut Kesehatan

Alergi Menurut Kesehatan. Menurut ilmuwan, ternyata alergi seperti bersin-bersin baik jua lho untuk kesehatan. Peneliti dari Yale University mendapati kondisi alergi musiman seperti ini adalah tanda bahwa sistem kekebalan tubuh kita berfungsi dengan baik. Buktinya adalah dengan adanya gejala bersin-bersin saat ada benda asing seperti debu masuk dalam sistem pernafasan, atau penurunan suhu yang cukup ekstrem dari biasanya.

Ada berbagai jenis respon imun tubuh untuk memerangi berbagai jenis infeksi atau patogen. Untuk melawan virus dan bakteri, sistem imun tipe 1 bereaksi dengan cara secara langsung membunuh infeksi atau patogen yang masuk ke tubuh kita. Sedangkan imunitas tipe 2, tubuh akan merangsang sel tubuh dan antibodi untuk melawan racun atau benda asing yang berasal dari lingkungan luar. Alergi Menurut Kesehatan, sistem imunitas tipe 2 inilah yang membuat seseorang mengalami gejala alergi musiman seperti bersin-bersin. Meskipun terkadang sangat menggangu dan merepotkan karena seseorang harus berulang kali bersin, namun alergi sebenarnya pertanda baik untuk kesehatan. Alergi telah terbukti mampu melindungi tubuh manusia dari serangan parasit, bahan kimia berbahaya, venoms hewan, dan iritasi lingkungan dengan cara yang sangat sederhana, yaitu bersin. Namun, untuk jenis respon alergi yang lain seperti gatal-gatal atau bagian tubuh tertentu membengkak atau memerah, mungkin memang harus segera diobati karena akan sangat mengganggu.

Demikian info kesehatan mengenai Alergi Menurut Kesehatan. Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment