Saturday, May 5, 2012

Supermoon - Apa itu Supermoon?

Supermoon - Mungkin bagi orang awam banyak yang bertanya mengenai pengertian Apa itu Supermoon atau Apa itu fenomena supermoon. Tapi bagi saya yang notabene pernah kuliah di Jurusan Fisika Arti istilah Supermoon adalah hal biasa <-- Bukan Nyombong lho ya.

Lunar perigee atau Supermoon adalah fenomena yang terjadi saat Bulan berada pada jarak terdekat dengan Bumi. Jarak rata-rata Bulan dengan Bumi adalah 384 ribu km. Pada saat supermoon terjadi, jarak Bulan dengan Bumi sekitar 357 ribu km. Sehingga pada saat fenomena supermoon terjadi, jarak bulan lebih dekat 27 ribu km dari jarak rata-ratanya.

Supermoon bukanlah istilah dalam astronomi, melainkan dalam astrologi. Orang astrolog biasanya mengidentikkan supermoon dengan kekuatan jahat atau bencana. Oleh karena itu adanya Supermoon identik dengan sebuah bencana, bahkan salah Seorang astrolog bernama Richard Nolle, memperkirakan bahwa supermoon kali ini malam ini 5-6 Mei 2012 akan menimbulkan bencana gunung berapi dan badai.

Foto Supermoon

Penyebab Fenomena Supermoon terjadi karena orbit Bulan bukanlah lingkaran sempurna. Pada 28 November 2012 mendatang akan terjadi fenomena yang berkebalikan dengan supermoon. Di akhir tahun nanti, saat Bulan purnama, Bulan sedang berada di titik terjauh dari Bumi, Sehingga Bulan akan tampak kecil dan redup.

Untuk foto-foto dan video supermoon youtube malam ini tanggal 5-6 Mei 2012 belum bisa kami share karena kami belum mendapatkan informasi tersebut. Jika sudah ada pasti akan kami share secepatnya. Baca juga yuk mengenai Efek Dampak Pemanasan Global.

No comments:

Post a Comment