Friday, March 2, 2012

Efek Dampak Pemanasan Global

Efek Dampak Pemanasan Global - Pada postingan sebelumnya telah dibahas mengenai Pengertian Pemanasan Global atau Global Warming. Lalu apakah Efek Dampak Pemanasan Global ini ?

Efek Dampak Pemanasan Global dapat anda baca di bawah ini :


1. Naiknya permukaan air laut
Saat lapisan atmosfer mengalami kenaikan suhu maka permukaan air laut pun akan meningkat suhunya. Hal ini mengakibatkan volume air meningkat dan tinggi permukaan air laut pun akan bertambah.Perubahan tinggi muka laut akan sangat mempengaruhi kehidupan di daerah pantai. Kenaikan permukaan air laut akan menenggelamkan beberapa daerah di muka bumi misalnya Belanda dan Bangladesh.

2. Cuaca
Perubahan cuaca secara ekstrim adalah salah satu akibat dari pemanasan Global. Daerah belahan Bumi Utara akan lebih panas dari daerah-daerah lain di bumi. Gunung-gunung es akan mencair dan daerah daratan pada wilayah ini akan mengecil. Akan lebih sedikit es yang terapung di perairan Utara tersebut. Daerah-daerah yang sebelumnya mengalami salju ringan, mungkin tidak akan mengalaminya lagi. Pada pegunungan di daerah subtropis, bagian yang ditutupi salju akan semakin sedikit serta akan lebih cepat mencair. Temperatur pada siang akan sangat kontras dengan temperatur pada malam hari.

3. Hewan dan tumbuhan
Hewan dan tumbuhan menjadi makhluk hidup yang sulit menghindar dari efek pemanasan ini karena sebagian besar lahan telah dikuasai manusia. Dalam pemanasan global, hewan cenderung untuk bermigrasi ke arah kutub atau ke atas pegunungan. Tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya, mencari daerah baru karena habitat lamanya menjadi terlalu hangat. Akan tetapi, pembangunan manusia akan menghalangi perpindahan ini. Spesies-spesies yang bermigrasi ke utara atau selatan yang terhalangi oleh kota-kota atau lahan-lahan pertanian mungkin akan mati. Beberapa spesies yang tidak mampu secara cepat berpindah menuju kutub mungkin juga akan musnah.

Baca juga mengenai Contoh Pidato Tentang Global Warming jika anda membutuhkannya.

No comments:

Post a Comment