Saturday, March 31, 2012

Earth Hour, Hemat Listrik

Earth Hour, Hemat Listrik - Earth Hour adalah sebuah gerakan kecil yang sangat berharga yang dapat menghemat penggunaan listrik setidaknya selama 1 jam yang ditujukan kepada seluruh masyarakat di dunia. Earth Hour, Hemat Listrik ini diikuti oleh beberapa kota di Indonesia. Salah satunya adalah warga ibukota yang juga ikut serta dalam gerakan ini. Earth Hour digelar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya langkah konkrit untuk menghemat energi. Sebagian warga mematikan peralatan listrik yang tak terlalu dibutuhkan selama setidaknya satu jam pada Sabtu Malam, 31 Maret 2012.
Earth Hour, Hemat Listrik
Earth Hour, Hemat Listrik ini dilakukan sekitar satu jam mulai pukul 20.30 WIB hingga pukul 21.30 WIB. Warga Jakarta sangat mendukung kegiatan ini, Gubernur Jakarta Fauzi Bowo memimpin pelaksanaan Earth Hour dari sebuah pusat perbelanjaan. Gubernur menegaskan kantor-kantor pemerintah di Jakarta dan juga kota-kota lainnya akan mampu menghemat energi listrik dan biaya dengan bekal kemauan kuat.

Gerakan Earth Hour, Langkah Hemat Listrik dikelola oleh World Wide Fund For Nature digelar setiap hari Sabtu terakhir Maret. Tujuan gerakan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia untuk menghemat pemakaian energi listrik. Gerakan Earth Hour ini dimulai sejak tahun 2007 ketika 2,2 juta warga Kota Sydney, Australia mematikan lampu selama satu jam dan kebiasaan tersebut senantiasa dilestarikan hingga sekarang.

No comments:

Post a Comment