Tuesday, March 20, 2012

Serangga Tomcat

Serangga Tomcat - Akhir-akhir Serangga Tomcat sering sekali menggemparkan warga dan masyarakat Indonesia. Serangga Tomcat ini juga dikenal dengan nama kumbang rove / tomcat. Sebelum melangkah ke Tips dan Cara Mencegah Serangga Tomcat alangkah lebih baik kita mengenal dahulu apa itu Serangga Tomcat?

Serangga Tomcat adalah dikenal dengan nama ilmiah kumbang rove, hewan semacam semut besar, memiliki sayap dengan warna belang-belang hitam dan merah (warnanya hampir seperti ular weling di daerah kami). Racun Serangga Tomcat 12 kali lebih mematikan daripada bisa ular cobra. Jika merayap di suatu tempat harus segera dibersihkan dengan air dan sabun, karena pada saat merayap Serangga Tomcat langsung mengeluarkan toksin melalui permukaan kulit tubuhnya.

Cara mencegah racun serangga tomcat yang sudah terlanjur terkena racun, apabila kita sadar kulit kita terkena atau bersinggunan dengan serangga Tomcat segeralah dicuci dengan sabun, jangan dikasih odol, minyak kayu putih, balsem, minyak tawon, karena hasilnya akan semakin parah. Kulit yang terkena toksin Tomcat akan merah meradang. Toksin serangga tomcat tidak seperti itu, hanya merah meradang disertai nanah bintik kecil-kecil.

Obat untuk racun serangga tomcat adalah salep dan antibiotik. Biasanya hydrocortisone 1% atau Salep betametasone dan antibiotik neomycin sulfat atau Salep Acyclovir 5% . Untuk lebih jelasnya, tanya apoteker atau silahkan langsung ke dokter umum atau kulit. Jangan lupa bilang bahwa terkena Tomcat supaya dokter tidak salah memberi obat herpes.

Tips dan cara untuk menghadapai dan mencegah serangga Tomcat :
1. Jika ada menemukan serangga ini, jangan dipencet, agar racun tidak mengenai kulit. Masukkan ke dalam plastik dengan hati-hati, terus buang ke tempat yang aman.
2. Hindari terkena kumbang ini pada kulit terbuka.
3. Usahakan pintu tertutup dan bila ada jendela diberi kasa nyamuk untuk mencegah kumbang ini masuk.
4. Tidur menggunakan kelambu jika memang di daerah anda sedang banyak masalah ini.
5. Bila serangga banyak sekali, maka dapat juga lampu diberi jaring pelindung untuk mencegah kumbang jatuh ke manusia.
6. Jangan menggosok kulit dan atau mata bila kumbang ini terkena kulit kita.
7. Bila kumbang ini berada di kulit kita, singkirkan dengan hati-hati, dengan meniup ataumengunakan kertas untuk mengambil kumbang dengan hati-hati.
8. Lakukan inspeksi ke dinding dan langit-langit dekat lampu sebelum tidur. Bila menemui, segera dimatikan dengan menyemprotkan racun serangga. Singkirkan dengan tanpa menyentuhnya.
9. Segera beri air mengalir dan sabun pada kulit yang bersentuhan dengan serangga ini.
10. Bersihkan lingkungan rumah, terutama tanaman yang tidak terawat yang ada di sekitar rumah yang bisa menjadi tempat kumbang Paederus/rove/tomcat.

Jika anda belum pernah melihat Serangga Tomcat, perhatikan Foto-Foto dan Gambar Serangga Tomcat di bawah ini:

Foto-Foto dan Gambar Serangga Tomcat



Video Serangga Tomcat


Semoga artkel ini dapat menambah pengetahuan mengenai apa itu Serangga Tomcat dan juga Tips dan cara untuk menghadapai dan mencegah serangga Tomcat bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa di bagikan ke yang lain jika artikel Serangga Tomcat ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment