Saturday, March 31, 2012

Tips Membedakan Bensin Oplosan dan Bensin Murni

Bensin Oplosan - merupakan salah satu pilihan yang terpaksa diambil oleh kebanyakan orang ketika harga Bensin Murni tidak lagi terjangkau oleh beberapa kalangan atau mungkin karena keterbatasan ketersediaan Bensin yang ada. Bensin Oplosan adalah bahan bakar yang berasal dari campuran antara bensin murni dengan solar atau terkadang dengan bahan bakar lainnya.
Tips Membedakan Bensin Oplosan dan Bensin Murni

Bensin Oplosan banyak kita jumpai di pinggiran jalan dan dijual bebas di berbagai tempat dengan harga yang tidak jauh beda dengan harga Bensin Murni. Bensin yang baik adalah Bensin yang memiliki angka oktan maksimal 88 atau kurang dari itu, yang disebut "Rone 88". Namun, Bensin Oplosan yang banyak beredar di masyarakat adalah bensin yang memiliki angka oktan di atas 88, bahkan ada pula kecurangan yang dilakukan oleh para penjual Bensin Oplosan. Salah satunya adalah penggunaan bahan pewarna kainyang dimasukkan ke dalam Bensin Oplosan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk menampilkan warna Bensin Oplosan yang mirip dengan Bensin Murni. Hal ini jelas sangat merugikan pemilik kendaraan.
Penggunaan Bensin Oplosan sangat merugikan karena dapat menyebabkan mesin kendaraan kotor, mudah rusak dan kendaraan tidak dapat bekerja secara optimal sehingga kendaraan mudah mogok. Untuk menghindari kecurangan yang banyak dilakukan oleh para pedagang eceran Bensin Oplosan, berikut adalah beberapa Tips untuk Membedakan Antara Bensin Oplosan dan Bensin Murni :

Tips Cara Membedakan Bensin Oplosan dan Bensin Murni

- Belilah Bensin di SPBU resmi yang banyak tersedia
- Untuk Bensin Murni memiliki warna yang lebih cerah sementara Bensin Oplosan berwarna lebih keruh.
- Jika dicium baunya, maka Bensin Murni memiliki aroma yang lebih menyengat dibandingkan dengan Bensin Oplosan.
- Jika jari dicelupkan kedalam Bensin Murni dan digosok-gosokkan maka akan terasa kesat, sementara Bensin Oplosan akan cenderung terasa licin.

Selain itu, berikut adalah Tips untuk Membedakan Bensin Murni dan Bensin Oplosan untuk Mesin 2 Tak :
- Bensin Murni lebih kental dibandingkan dengan Bensin Oplosan yang lebih encer.
-.Bensin Murni berwarna pekat sementara Bensin Oplosan berwarna pudar atau pucat.

Demikian adalah Tips untuk Membedakan Bensin Oplosan dan Bensin Murni, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment