Tuesday, March 13, 2012

Perbedaan Sensor dengan Tranducer

Perbedaan Sensor dan Tranducer - Pesatnya perkembangan otomatisasi pada dunia ilmu pengetahuan dan teknologi perlahan tapi pasti membuat pekerjaan dengan tangan manusia banyak tergantikan oleh mesin- mesin otomatis. Dalam suatu system otomatis ini diperlukan suatu system kendali yang handal, dan ini sangat tergantung pada sensor dan transduser yang digunakan.


Sensor adalah peralatan yang digunakan untuk merubah suatu besaran fisik menjadi besaran listrik sehingga dapat dianalisa dengan rangkaian listrik tertentu. Sensor biasa digunakan untuk mengukur magnitude sesuatu. Sensor merupakan jenis transducer yang digunakan untuk mengubah variasi mekanis, magnetis, panas, sinar dan kimia menjadi tegangan / arus listrik. Sensor dikategorikan melalui pengukur dan memegang peranan penting dalam pengendalian proses pabrikasi modern. Sensor memberikan ekivalen mata, pendengaran, hidung, lidah untuk menjadi otak mikroprosesor dari system otomatisasi industri.

Tranduser adalah alat yang dapat mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk yang lain.Tranduser dapat dibagi menjadi dua klas transduser input dan transduser output. Transduser input listrik mengubah mengubah energi non listrik, misalnya suara atau sinar menjadi tenaga listrik . tenaga output-listrik bekerja pada urutan yang sebaliknya. Transduser tersebut mengubah energi listrik pada bentuk energi non listrik.

Perbedaan antara sensor dengan transducer juga dapat dijelaskan pada gambar di bawah ini:
A. Gambar diatas adalah gambar Sensor cahaya / yang biasa disebut dengan LDR, gambar diatas menujukkan bahwa sensor masih membutuhkan komponen lain untuk menghasilkan tegangan.
B. LM35 merupakan sebuah transducer temperatur, pada gambar diatas menjelaskan bahwa transducer tidak membutuhkan komponen lain untuk menghasilkan tegangan jadi dapat disimpulkan bahwa sensor masih membutuhkan komponen lain untuk mengeluarkan sinyal tegangan tetapi transducer tidak membutuhkan komponen yang lain untuk mengeluarkan sinyal tersebut.

Semoga postingan Perbedaan Sensor dengan Tranducer dapat menjelaskan tentang Perbedaan Sensor dan Tranducer, baca juga artikel pengetahuan lainnya seperti Perbedaan Layar LCD dan LED atau Perbedaan laptop Notebook dan Netbook.

No comments:

Post a Comment