Saturday, April 7, 2012

Cara Mengatasi Stress

Cara Mengatasi Stress - Stress merupakan masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang . Stress adalah keadaan dimana seseorang merasa sangat penat, jenuh dan terbebani oleh sesuatu yang membuat orang tersebut tidak karuan dan tidak konsentrasi. Mulai dari anak kecil hingga orang tua dapat mengalami stress dan hal ini tidak baik untuk kesehatan jasmani maupun rochani kita. Lalu gimana Cara Mengatasi Stress yang ampuh ya ?

Cara Mengatasi Stress


Ini dia Cara Mengatasi Stress yang ampuh :

  1. Jangan salahkan diri sendiri, Berpikir Positif dan Optimisme dapat menangkal dampak negatif stress, mengurangi ketegangan dan kecemasan. Curhat juga bisa dilakukan agar perasaan Anda menjadi lebih lega dan tenang.

  2. Tidur yang nyenyak. Tidur bisa dibilang sebagai aktivitas yang efektif. Mendapatkan tidur nyenyak yang cukup memiliki dampak besar pada tingkat stress. Fungsi kekebalan dan ketahanan terhadap penyakit pun bangkit dan dapat meningkatkan tingkat pemulihan Anda. Tapi juga bisa meningkatkan tingkat stress dalam tubuh Anda jika kadarnya berlebih. Jadi, jangan bangun kesiangan karena akan membuat Anda bertambah lesu.

  3. Olahraga teratur. Olahraga teratur dan aktivitas fisik tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, sistem kardiovaskular, jantung, otot dan tulang, tetapi juga membantu dalam manajemen stress. Latihan akan merevitalisasi tubuh dan pikiran Anda dan Anda akan siap untuk menghadapi apa pun.

  4. Mencari hiburan dan Tertawa. Hiburan akan membuat persaaan kita senang dan tertawa akan membuat otot-otot Anda tidak kaku. Anda juga bisa mendengarkan musik favorit Anda, ini merupakan metode yang bagus untuk mengurangi stress dan menghilangkan kecemasan. Musik yang menenangkan dapat memiliki efek relaksasi atau rileks pada saat Anda merasa gelisah atau pikiran tegang. Hal ini juga dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat pernapasan dan detak jantung.

  5. Meditasi. Meditasi sangat bagus tidak hanya untuk menghilangkan stress, tetapi juga untuk relaksasi otot. Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah. Caranya mudah, cukup hanya mengambil nafas panjang dan mengosongkan pikiran Anda. Lakukan meditasi 10 menit saja dan dapatkan manfaatnya.

  6. Jaga Kesehatan dengan makan makanan yang sehat dan menghindari rokok, narkoba dan alkohol. Serta hindari kerja lembur jika tidak terpaksa, agar Anda dapat memiliki lebih banyak waktu untuk rileks, santai dan beristirahat serta memanjakan diri Anda.

  7. Libatkan indera Anda. Aroma tertentu dapat memiliki efek menenangkan atau relaksasi pada pikiran Anda. Anda dapat mencoba menempatkan lilin lavender, lemon, chamomile beraroma atau aroma terapi lainnya di sekitar rumah atau kantor Anda

  8. Minum teh hijau. Teh Hijau mengandung asam amino dan Theanine, yang membantu dalam proses produksi dan pelepasan bahan kimia yang disebut Dopamin. Kedua Dopamin dan Theanine akan merangsang perasaan rileks di dalam tubuh. Namun, kafein dapat memperburuk respon stress, jadi hindari minuman berkafein.

  9. Pijat-Pijat. Pijatan pada tubuh Anda akan membantu untuk melepaskan ketegangan dan rasa sakit dari stress otot tegang. Jika Anda tidak pernah melakukan pijat, Anda akan kehilangan salah satu hal paling indah dalam hidup.

  10. Pandai-pandailah bersyukur. Bersyukur merupakan Cara  Mengatasi Stress yang paling Ampuh. Bagaimana tidak, karena pada umumnya orang mengalami stress dikarenakan tidak kuat dengan apa yang telah terjadi atau keadaan yang menimpanya. Dengan bersyukur kita akan senantiasa ingat bahwa segala sesuatu yang kita peroleh merupakan pemberian dari ALLAH SWT dan seyogyanya kita terima dan kita kerjakan dengan rasa ikhlas. .  

No comments:

Post a Comment