Tuesday, April 17, 2012

Resep Membuat Gulai Rebung Tunjang

Resep Membuat Gulai Rebung Tunjang - Gulai Rebung adalah salah satu masakan kreasi rebung yang sangat nikmat. Hmmm... mantab banget tuch dijadikan menu makan siang anda. Gulai tidak hanya dari daging atau ikan aja lho... Rebung juga bisa dimasak Gulai, lebih enak lagi ditambah dengan Tunjang atau kikil sapi. Sekali coba makan, pasti bakalan ketagihan.


Selain rasa Gulai Rebung Tanjung yang nikmat dan bikin ketagihan ini, cara membuatnya pun cukup mudah dan praktis. Dan yang paling penting, tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk memasaknya, karena bahan yang digunakan cukup mudah didapatkan dan harganya juga terjangkau. Kita juga bisa mencobanya sendiri di rumah. Penasaran kan, Bagaimana Cara Membuat Gulai Rebung Tunjang yang nikmat ini ? Apa sih resepnya ? Nah, kita simak yuk Resep Membuat Gulai Rebung Tunjang.


Resep Membuat Gulai Rebung Tunjang

Resep Membuat Gulai Rebung Tunjang

Bahan :
750 gram tunjang/kikil sapi
2 lembar daun kunyit
2 biji pala
4 batang serai, memarkan
8 lembar daun jeruk
4 cm jahe, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
300 gram rebung, iris tipis rebus dengan air kelapa
8 lonjor kacang panjang, potong-potong
1 liter santan dari 1 butir kelapa
2 buah asam kandis
2 sdt penyedap (rasa sapi)
4 sdm minyak goreng
Haluskan :
5 cabai merah besar
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
6 butir kemiri sangrai
2 cm lengkuas
Pelengkap : bawang goreng


Cara Membuat Gulai Rebung Tunjang :

  1. Tunjang/kikil sapi, potong-potong dan rebus bersama daun kunyit, pala serai, daun jeruk, jahe dan pala hingga lunak, tiriskan.
  2. Rebung, iris tipis dan rebus dengan air kelapa agar mempunyai aroma yang prima.
  3. Panaskan minyak tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan tunjang, daun kunyit, serai, jahe, santan dan asam kandis dan penyedap, masak hingga kuah mengental dan berminyak, masukkan rebung dan kacang panjang, masak sebentar, angkat.
  4. Sajikan hangat taburi dengan bawang goreng untuk 6 orang.

Praktis bukan Resep Membuat Gulai Rebung Tunjang ? Selain itu bisa juga coba Resep Gulai yang lainnya, yaitu Cara Membuat Gulai Gulai Jantung Pisang.

No comments:

Post a Comment