Wednesday, April 18, 2012

Penyebab Usus Buntu

Penyebab Usus Buntu - Usus Buntu merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang seseorang, katanya sih lebih berpotensi menyerang seseorang yang suka makan makanan pedas. Karena usus buntu tersumbat oleh biji cabe atau biji tomat sehingga masuk ke usus buntu. Usus Buntu juga dikenal dengan sebutan Appendicitis. Sementara Usus Buntu adalah sebuah saluran yang berada di usus yang benar - benar buntu. Besarnya kira - kira sejari kelingking manusia, terletak pada perut bagian kanan bawah dan terhubung langsung pada usus besar.

Seperti organ tubuh yang lainnya, usus buntu juga dapat mengalami gangguan dan penyakit. Penyakit pada Usus Buntu sering disebut sebagai Penyakit Radang Usus Buntu (Appendicitis). Terus Bagaimana sebenarnya seseorang bisa terkena penyakit ini ? Apakah benar karena tersumbat biji cabe atau biji tomat ? Penyebab Usus Buntu atau Penyakit Radang Usus Buntu seringkali berkaitan dengan penyumbatan bagian dalam usus buntu, yang dikenal sebagai lumen. Penyumbatan-penyumbatan bagian dalam usus buntu tersebut menyebabkan tekanan meningkat, aliran darah terganggu, dan peradangan. Jika sumbatan tidak segera diobati, ada kemungkinan radang usus buntu tersebut pecah dan membutuhkan penanganan medis yang sangat serius.

Penyebab Usus Buntu

Penyakit Radang Usus Buntu terjadi karena beberapa penyebab, diantaranya adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri, penyumbatan atau obstruksi yang terjadi pada lapisan saluran (lumen) appendiks yang diakibatkan oleh timbunan tinja/feces yang keras (fekalit), hyperplasia (pembesaran) yang terjadi pada jaringan limfoid, penyakit cacing, parasit, benda asing dalam tubuh, kanker primer dan striktur.

Akan tetapi kasus penyakit radang usus buntu biasanya terjadi karena penyumbatan tinja/faces dan hyperplasia jaringan limfoid. Seperti yang kalian tahu bahwa tinja/faces terdapat bakteri Escherichia Coli, barangkali bakteri Escherichia Coli inilah yang kemudian menginfeksi dan menjadi Penyebab Penyakit Radang Usus Buntu.

Makan cabe bersama bijinya ataupun makan jambu klutuk bersama bijinya, dapat pula menyebabkan radang usus buntu. Hal itu disebabkan biji buah tersebut tidak dapat dicerna dengan baik dan masuk ke dalam saluran appendiks sebagai benda asing. Hal tersebut dapat dijadikan media bagi bakteri untuk berkembang biak sehingga menyebabkan infeksi dan berujung pada radang usus buntu. Cacing dapat juga menyebabkan penyakit radang usus buntu, apabila cacing tersebut masuk ke dalam usus buntu

Wah, ternyata ga salah kalau Penyebab Usus Buntu salah satunya adalah makan cabe. Hmmmm....harus lebih hati-hati nih bagi yang suka makan pedas. Tetap jaga kesehatan anda.....

No comments:

Post a Comment