Saturday, April 14, 2012

Gempa Bumi di Pandeglang Banten

Gempa Bumi di Pandeglang Banten - Gempa Bumi rasanya menjadi salah satu hal yang tidak biasa lagi bagi kita karena seringnya Gempa Bumi terjadi. Setelah Gempa Bumi Besar Tsumani Kecil yang sempat terjadi di Aceh pada 11 April 2012 kemarin. Kini Gempa Bumi kembali terjadi di Pandeglang Banten pada Minggu, 15 April 2012. Gempa terjadi pada pukul 02:26:39 WIB dini hari dengan pusat Gempa berada di 95 km arah Barat Daya Kabupaten Pandeglang, Banten atau Selatan Ujung Kulon di kedalaman 10 km. Gempa menggoyang Pandeglang Banten dengan kekuatan 6 SR namun hingga kini belum ada pemberitaan tentang adanya korban dalam Gempa tersebut.

Menurut BMKG, Gempa Bumi di Pandeglang Banten diakibatkan karena aktivitas tektonik di Selat Sunda. Gempa ini tidak berpotensi Tsumani. Gempa bumi terjadi di ujung utara dari bidang kontak dari lempeng Indo-Australia dengan Pulau Jawa dan merupakan gempa subduksi.

Gempa Bumi di Pandeglang Banten

Gempa Bumi di Pandeglang Banten

Menurut penjekasan Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Bidang data dan Informasi BPNB pada Minggu pagi berdasarkan analisis para pakar gempa bumi ITB, dalam tahun 2011 telah beberapa kali terjadi gempa yang mirip yaitu pada 12 Januari 2011 dan 30 Desember 2011.  Gempa-gempa ini membuktikan bahwa subduksi di Selat Sunda secara tektonik aktif. Kemudian adanya  daerah kekosongan kegempaan (seismic gap) di bagian barat dayanya (Selat Sunda) yang berpotensi menghasilkan bencana kembali di masa depan. Maka masyarakat diwajibkan untuk terus waspada.

No comments:

Post a Comment