Friday, April 27, 2012

Resep Sambal Jahe

Resep Sambal Jahe - Sambal adalah salah satu jenis pelengkap makanan yang sangat banyak disukai oleh orang Indonesia. Jenis sambal juga sangat variatif sekali, mulai dari cabe rawit, cabe keriting hingga bermacam-macam bahan yang dicampurkan untuk membuat sensasi baru pada sambal. Tak lengkap rasanya ketika makan, tidak ditemani dengan makanan yang pedasnya terkadang bisa membuat orang hingga meneteskan air mata.


Tapi justru itulah sensasi yang dicari ketika seseorang menyantap makanan dengan sambal. Bahkan hanya makan ikan asin yang ditemani sambal pun rasanya sudah sangat nikmat mengalahkan spagetti, pizza, burger dan makanan-makanan lain yang kata orang enak dan keren itu. Hehehee.... Salah satu sambal yang memiliki sensasi pedas menggigit adalah Sambal Jahe. Jahe adalah jenis tanaman umbi yang juga memiliki rasa pedas dan dapt menghangatkan tubuh dan biasa dijadikan tanaman obat juga. ternyata, Jahe juga bisa dijadikan sambal lho....Seperti apa Resep Sambal Jahe ini ?

Resep Sambal Jahe

Foto Sambal Jahe


Sambal Jahe yang pedas merangsang cocok untuk ikan bakar, untuk membuat sambal ini, gunakan jahe yang sedang, tidak terlalu tua dan terlalu muda.Berikut ini adalah resepnya.

Resep Sambal Jahe :

Bahan :
5 siung bawang merah, dibakar
1 siung bawang putih dibakar
4 rimpang jahe ukuran sedang, diparut, atau diiris dan diulek terasi secukupnya
10 cabai rawit atau sesuai selera
1 cabai merah atau sesuai selera


Cara Membuat Sambal Jahe :
Semua bahan dihaluskan, tambahkan gula dan garam, bila suka tambahkan sedikit kecap manis.

Mudah sekali bukan Resep Sambal Jahe ini... Simak juga aneka Resep Sambal lainnya...

No comments:

Post a Comment