Wednesday, April 18, 2012

Konsep Rangkaian Listrik

Konsep Rangkaian Listrik - Listrik adalah hal yang sangat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Hampir semua kegiatan dan aktivitas yang kita lakukan dalam kehidupan, kita menggunakan listrik. Mati lamu sebentar aja, udah rasanya dunia ini sepi ya...kita seolah ketergantungan sama yang namanya Listrik. Listrik sangat mendukung penuh kemajuan teknologi di dunia ini. Kebutuhan seluruh masyarakat akan listrik juga dapat terlihat ketika Subsidi Listrik hendak dicabut atau TDL dinaikkan, maka akan sangat banyak masyarakat yang Demo untuk memprotesnya. Hal itu dirasa lumrah, mengingat kebutuhan banyak orang terhadap listrik.

Salah satu hal pokok terkait dengan listrik adalah Rangkaian Listrik. Apa sih sebenarnya pengertian rangkaian listrik itu ? dan konsep apa saja yang berhubungan dengan Rangkaian Listrik. Dalam Ilmu Fisika, kita juga mempelajari Elektromanetik atau Listrik Magnet yang juga terkait Konsep Rangkaian Listrik yang sangat menarik. Rangkaian Listrik adalah suatu kumpulan elemen atau komponen listrik yang saling dihubungkan dengan cara-cara tertentu dan paling sedikit mempunyai satu lintasan tertutup.

Konsep Rangkaian Listrik

Foto Rangkaian Listrik


Pembatasan elemen atau komponen listrik pada Rangkaian Listrik dapat dikelompokkan kedalam elemen atau komponen aktif dan pasif. Elemen aktif adalah elemen yang menghasilkan energi berupa sumber tegangan dan sumber arus. Sedangkan elemen pasif adalah elemen yang tidak dapat menghasilkan energi, dapat dikelompokkan menjadi elemen yang hanya dapat menyerap energi yaitu komponen Resistor atau tahanan atau hambatan dengan simbol R, dan komponen pasif yang dapat menyimpan energi juga diklasifikasikan menjadi dua yaitu komponen yang menyerap energi dalam bentuk medan magnet yaitu Induktor atau lilitan, belitan atau kumparan dengan simbol L, dan Kapasitor atau Kondensator dengan simbol C.

Elemen atau komponen listrik yang yang terkait Konsep Rangkaian Listrik antara lain adalah :

1. Elemen listrik dua terminal
  • Sumber tegangan
  • Sumber arus
  • Resistor ( R )
  • Induktor ( L )
  • Kapasitor ( C )
2. Elemen listrik lebih dari dua terminal
  • Transistor
  • Op-amplifier

Berbicara mengenai Rangkaian Listrik, tentu tidak dapat dilepaskan dari pengertian dari rangkaian itu sendiri, dimana Rangkaian adalah interkoneksi dari sekumpulan elemen atau komponen penyusunnya ditambah dengan rangkaian penghubungnya yang disusun dengan cara-cara tertentu dan minimal memiliki satu lintasan tertutup. Dengan kata lain hanya dengan satu lintasan tertutup saja kita dapat menganalisis suatu
rangkaian.

Yang dimaksud dengan satu Lintasan Tertutup adalah satu lintasan saat kita mulai dari titik yang dimaksud akan kembali lagi ketitik tersebut tanpa terputus dan tidak memandang seberapa jauh atau dekat lintasan yang kita tempuh. Rangkaian listrik merupakan dasar dari teori rangkaian pada teknik elektro yang
menjadi dasar bagi ilmu-ilmu lainnya seperti elektronika, sistem daya, sistem computer, putaran mesin, dan teori control.

Demikian info menarik terkait Konsep Rangkaian Listrik, semoga bermanfaat. Yang ga kalah bermanfaat nih Pengertian Tegangan Listrik atau Pengertian Arus Listrik.

No comments:

Post a Comment