Friday, April 6, 2012

Pengertian Tegangan Listrik

Pengertian Tegangan Listrik (Voltage) -Selain Arus Listrik, dalam bidang Kelistrikan kita juga perlu tahu Pengertian Tegangan karena sangat erat hubungannya dengan Arus Listrik. Akan mudah menganalogikan aliran listrik dengan aliran air. Misalkan kita mempunyai 2 tabung yang dihubungkan dengan pipa. Jika kedua tabung ditaruh di atas meja maka permukaan air pada kedua tabung akan sama dan tidak ada aliran air dalam pipa. Jika salah satu tabung diangkat maka air akan mengalir dari tabung tersebut ke tabung yang lebih rendah. Makin tinggi tabung diangkat makin deras aliran air yang melalui pipa.

Pengertian Tegangan Listrik


Terjadinya aliran tersebut dapat dipahami dengan konsep Energi Potensial. Tingginya tabung menunjukkan besarnya energi potensial yang dimiliki. Yang paling penting dalam hal ini adalah perbedaan tinggi kedua tabung yang sekaligus menentukan besarnya perbedaan potensial. Jadi semakin besar perbedaan potensialnya semakin deras aliran air dalam pipa. Konsep yang sama akan berlaku untuk aliran elektron pada suatu penghantar. Yang menentukan seberapa besar arus yang mengalir adalah besarnya beda potensial
(dinyatakan dengan satuan Volt). Jadi untuk sebuah konduktor semakin besar beda potensial akan semakin besar pula arus yang mengalir.

Pengertian Tegangan Listrik

Perlu dicatat bahwa beda potensial diukur antara ujung-ujung suatu konduktor. Namun kadang-kadang kita berbicara tentang potensial pada suatu titik tertentu. Dalam hal ini kita sebenarnya mengukur beda potensial pada titik tersebut terhadap suatu titik acuan tertentu. Sebagai standar titik acuan biasanya dipilih titik tanah (ground). Jadi Pengertian Tegangan Listrik adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dinyatakan dalam satuan volt. Besaran ini mengukur energi potensial sebuah medan listrik untuk menyebabkan aliran listrik dalam sebuah konduktor listrik.

No comments:

Post a Comment